Rabu, 12 Juli 2017

Yuk, Kunjungi Event Budaya Yang Mendunia Dalam Festival Lembah Baliem 2017!



Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Keberagaman budaya inilah yang membuat banyaknya event-event seru seputar adat dan budaya di masing-masing kota. Salah satunya adalah Festival Lembah Baliem 2017 yang akan diselenggarakan di Lembah Pegunungan Jayawiyaja, Papua, pada tanggal 7 – 11 Agustus 2017. Jika kamu memang penggemar wisata budaya, sudah saatnya kamu harus meluangkan waktu untuk menyaksikan secara langsung festival tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 1989.


Festival Lembah Baliem (images : ksmtour.com)
Festival Lembah Baliem pada mulanya adalah acara perang antar Suku Dani, Lani dan Suku Yali sebagai lambang dari makna kesuburan dan kesejahteraan. Tidak perlu takut dengan festival ini, karena telah terbukti tetap aman saat disaksikan dan tetap dapat dinikmati di setiap acaranya. Keistimewaan dari festival ini adalah dimulainya skenario pemicu perang layaknya penculikan warga, pembunuhan anak suku atau penyerbuan ladang yang baru dibuka. Atraksi yang terkesan menyeramkan ini justru tidak menjadikan momen balas dendam ataupun permusuhan sebagai tema tetapi menghasilkan makna positif yaitu Yogotak Hubuluk Motog Hanoro yang berarti harapan akan hari esok yang harus lebih baik dari hari ini.

Selain menyaksikan momen peperangan antar kedua suku ini, dalam Festival Lembah Baliem 2017 kamu juga akan disajikan acara menarik lainnya. Seperti tarian tradisional, pertunjukkan musik tradisional menggunakan Pikon (alat musik tiup yang terbuat dari kulit kayu), karapan babi, aksi teatrikal, lomba panahan dan lempar tombak, permainan Sikoko dan Puradaan, peragaan memasak dengan cara tradisional dan pameran kerajinan tangan masyarakat suku adat setempat. Jadi, tunggu apalagi travelers masih ada kesempatan kamu menabung untuk langsung mendatangi event spektakuler di Papua ini lho.

Sumber : pesonaindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar