Rabu, 05 Juli 2017

Lihat Langsung Perayaan Upacara Adat Yadnya Kasada Bromo Persembahan Suku Tengger



Wisata Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun luar negeri. Selain terkenal dengan keindahan alamnya seperti lautan pasir Bromo, asap putih yang keluar dari kawah Bromo, padang rumput savanna yang menghampar hijau dan juga termasuk sunsrise-nya. Ternyata kawasan Gunung Bromo juga memiliki adat dan budaya yang hingga kini masih dijalani lho travelers yang biasa disebut dengan Upacara Adat Yadnya Kasada dari Suku Tengger.

Upacara ini diadakan pada tanggal 14 bulan Kasada saat bulan purnama penanggalan Suku Tengger yang jatuh pada tanggal 9-10 Juli 2017. Upacara Adat Yadnya Kasada adalah ungkapan rasa syukur masyarakat Suku Tengger sekaligus untuk memperingati pengorbanan Raden Kusuma yang merupakan anak bungsu dari Jaka Seger dan Rara Anteng, pasangan yang membangun dan memerintah Kawasan Tengger. Singkat cerita, sebelum pasangan ini memiliki anak, mereka bersemedi dan bertapa pada Sang Hyang Widhi untuk mendapat keturunan.

images : triptrus.com 
Akhirnya permintaan meraka dikabulkan dengan syarat anak bungsu harus dikorbankan ke Kawah Gunung Bromo. Sebagai orang tua, Jaka Seger dan Rara Anteng tidak tega anaknya dikorbankan dan akhirnya pasangan ini melanggar perjanjian tersebut. Hingga suatu hari Dewa marah dan terjadilah musibah di Kawasan Gunung Bromo. Raden Kusuma hilang karena tertarik api dan masuk ke dalam Kawah Bromo. Sejak saat itulah sering terdengar suara gaib yang mengingatkan masyarakat Suku Tengger untuk memberikan sesaji pada Sang Hyang Widhi di Kawah Gunung Bromo pada hari ke-14 di bulan Kasada agar tetap hidup damai dan tentram. Hal ini pula yang membuat Suku Tengger masih menjalani Upacara Adat Yadnya Kasada tiap tahunnya.

Upacara Adat Yadnya Kasada diadakan pada malam hari di Pura Luhur Poten. Setelah beberapa ritual dilaksanakan, terakhir semua sesajen yang telah disiapkan dilempar ke kawah Gunung Bromo. Tidak hanya warga lokal saja yang bisa mengikuti upacara unik ini, wisatawan yang datang juga bisa menyaksikannya. Satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di sini, yaitu nikmati keindahan panorama sunrise di Kawasan Bromo. Menakjubkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar