Senin, 19 Juni 2017

Wow, Makanan Khas Ini Cuma Ada Saat Bulan Ramadhan di Indonesia Lho



Salah satu hikmah bulan puasa tiba adalah saatnya mencicipi kuliner khas yang cuma ada saat bulan Ramadhan. Di Indonesia, kuliner khas saat berbuka puasa banyak sekali macamnya seperti berikut ini :

1. Kicak, Yogyakarta

Kicak (images : arsip.tembi.net)
Kuliner yang berasal dari Yogyakarta ini banyak sekali penikmatnya travelers. Kicak terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan juga potongan buah nangka ini telah menjadi kuliner tradisi di kampung Kauman, Yogyakarta. Selain rasanya yang gurih, harganya juga sangat terjangkau lho yaitu sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 tergantung ukuran dan media pembungkus kicak.

2. Pakat, Tapanuli

Pakat (tabloidimaji.com)
Kuliner yang satu ini memang hanya bisa kamu temui saat bulan puasa tiba aja nih travelers. Pakat yaitu makanan yang terbuat dari rotan muda yang telah dipotong berukuran 1 meter yang dibakar diatas tungku selama 1 jam. Setelah dimasak, rotan muda dikupas dan diambil bagian dalemnya yang berwarna putih, kemudian dipotong-potong menjadi ukuran 5 cm. Agar semakin nikmat rotan muda tersebut dibubuhi dengan santan kelapa serundeng.  Bentuk dan rasanya pasti unik ya.

3. Sotong Pangkong, Pontianak

Sotong Pangkong (images : jawapos.com)
Saat bulan Ramadhan tiba, kamu akan menemukan kuliner khas Pontianak di sepanjang Jalan Merdeka nih travelers. Warga Pontianak biasa menyebutnya dengan Sotong Pangkong, yaitu cumi yang dipukul-pukul atau di “pangkong” dalam bahasa Pontianak. Sotong Pangkong merupakan cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan menggunakan arang, setelahnya cumi di akan dipukul-pukul menggunakan palu. Rasanya yang gurih akan semakin nikmat disantap bersama saos cabe dan cuka sehingga keragaman rasa seperti manis, asin dan pedas langsung terasa dimulutmu.

Sumber : uniqpost.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar