Rabu, 08 Maret 2017

Banda Neira, Kecantikan Pulau Eksotis Dari Timur Indonesia




Keindahan Indonesia bagian timur memang sudah menjadi rahasia umum baik untuk wisatawan lokal maupun luar negeri. Sebut saja Flores, Labuan Bajo, Pulau Komodo, Pulau Ora dan Raja Ampat yang menyimpan kecantikan pulau terutama keindahan bawah lautnya. Selain beberapa pulau yang telah disebutkan, ada satu pulau eksotis yang juga menyimpan keindahan alam timur Indonesia bernama Banda Neira. Tidak hanya keindahan alamnya saja, pulau ini juga menyimpan cerita sejarah yang seru untuk ditelusuri. Selain itu, apa aja sih yang bisa kamu lakukan saat berada di Banda Neira?

1. Diving Atau Snorkeling


Spot Diving di Banda Neira (images : travelasiaindonesia.blogspot.com)
Keindahan bawah laut di Banda Neira memang tidak perlu diragukan lagi. Untuk kamu yang hobi diving atau snorkeling, ada banyak spot yang bisa kamu jelajahi seperti kawasan dermaga Pulau Neira yang menghadap Pulau Gunung Api, Pulau Hatta dan masih banyak lagi. Indahnya terumbu karang di setiap spot dan ikan kecil yang berwarna warni menyatu di air laut yang jernih. Untuk kamu yang belum biasa diving atau snorkeling sebaiknya gunakan jaket pengaman atau life jacket

2. Wisata Sejarah


Pengasingan Rumah Bung Hatta (images : sahabatimajinasi.blogspot.com)
Karena Banda Neira merupakan salah satu tujuan wisata yang juga memiliki nilai sejarah di Indonesia, di sini kamu juga bisa menemukan beberapa tempat bersejarah lho sebut saja seperti Rumah Pengasingan Bung Hatta, Gereja Tua Banda, Rumah Captain Cole, Perigi Rante dan lainnya. Untuk kamu yang ingin menyusuri berbagai sejarah yang ada di pulau ini, kamu bisa daftar ke travel agen lokal di sana untuk ikut Tur Sejarah Rempah ke Pulau Banda Besar. Tur ini akan mengajakmu berkeliling untuk melihat sumur tua, perkebunan kenari dan pala, serta deretan pohon kayu manis dan juga berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

3.  Jelajahi Benteng Hingga Puncaknya Untuk Kejutannya


Benteng Belgica (images : bintang.com)
Lokasi yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Banda Neira adalah Benteng Belgica. Benteng ini menjadi tempat yang paling disenangi oleh pengunjung yang datang untuk menikmati indahnya Pulau Neira. Ditambah dengan pemandangan sunset yang eksotik dari benteng ini tentunya akan memberikanmu indahnya pesona alam yang tidak terlupakan. Selain Benteng Belgica, kamu bisa mengunjungi dua benteng lainnya yaitu Benteng Nassau dan Benteng Hollandia. Walaupun kondisinya sudah tidak utuh tapi dari benteng ini kamu bisa melihat pemandangan Pulau Banda Besar, lautan biru dan Pulau Gunung Api yang berada tepat di depannya.

4. Mendaki Gunung Api


Pulau Gunung Api (images : goodnewsfromindonesia.id)
Liburan di Banda Neira bisa dikatakan paket liburan lengkap. Bagaimana tidak, selain bisa menikmati keindahan bawah laut dan juga banyaknya peninggalan sejarah, bagi kamu yang hobi hiking, jalur pendakian di Gunung Api merupakan tantangan seru, berudara segar dan mendekatkanmu dengan alam. Ajak regu pendakian kamu untuk mendatangi Pulau Gunung Api ini ya. Dengan ketinggian 666 mdpl (meter di atas permukaan laut) kamu harus melewati jarak tempuh selama 1,5 – 2 jam perjalanan untuk mencapai puncaknya. Waktu terbaik untuk mendaki sekitar jam 5 pagi, karena di waktu ini kamu masih bisa melihat momen terbitnya matahari.

5. Kulineran


Roti dan Selai Pala (images : jalan2men.com)
Puas menjelajah Banda Neira tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi menu khas yang ada di sini. Salah satu menu yang harus kamu coba adalah terung saus kenari. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang lezat dan lumer di mulut. Wah, pasti sangat enak deh rasanya! Selain itu, ada juga hidangan laut yang tentunya masih segar dan juga roti hangat yang dihidangkan dengan menggunakan selai pala yang rasanya terasa begitu unik. Selai pala di sini juga dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan lho.

Sumber : jalan2men.com 
Images : skyscrapercity

Tidak ada komentar:

Posting Komentar