Kamis, 16 Februari 2017

Liburan Ke Bromo Tanpa Ambil Cuti, Ini Itinerary Lengkapnya!



Berlibur ke Bromo banyak dimasukkan dalam wish list traveling para wisatawan. Apakah kamu termasuk diantaranya, travelers? Buat kamu yang ingin liburan ke Bromo tanpa perlu mengajukan cuti di kantor, ikuti itinerary berikut :

Itinerary
Untuk menyingkat waktu, kamu bisa pilih jalur udara menuju Surabaya dari Jakarta. Pilihlah penerbangan pertama di hari Sabtu dan kamu akan tiba di Bromo pada siang hari. Sesampainya di Gunung Bromo, kamu bisa eksplor kawasan Gunung Bromo hingga sore hari dan lanjut bermalam di penginapan

Daya tarik utama Bromo adalah pemandangan matahari terbit yang bisa dilihat dari Pananjakan 1. Kamu bisa melihat indahnya matahari terbit di Bromo pada hari Minggu pagi dan menikmati udara pagi di sana. Siang harinya kamu harus bersiap-siap untuk kembali pulang ke Jakarta. Dengan rencana perjalanan seperti ini, cuti tahunanmu aman tidak berkurang.

Menuju Surabaya
Untuk keberangkatan kamu bisa gunakan pesawat dengan tujuan Surabaya dengan harga tiket yang lebih murah jika dibandingkan ke Malang. Kamu bisa manfaatkan promo-promo maskapai penerbangan yang bertarif rendah. Waktu yang ditempuh dalam perjalanan Jakarta ke Surabaya sekitar 1 jam 15 menit dengan harga tiket sekitar Rp 450.000/trip. Memilih untuk menggunakan pesawat agar lebih menyingkat waktu dibandingkan menggunakan kereta api yang harus menempuh waktu hingga 10 jam.

Surabaya – Bromo
Dari Bandara Internasional Juanda Surabaya kamu bisa menggunakan bus DAMRI dengan harga tiket Rp 20.000 menuju Terminal Purabaya yang lebih dikenal dengan nama Bungurasih dengan waktu 1 jam. Dari Terminal Purabaya, kamu bisa lanjutkan perjalanan menuju Terminal Probolinggo dengan naik bus Patas AC Ekonomi menuju Probolinggo dengan harga tiket Rp 20.000 selama 2 jam perjalanan. Sesampainya di Probolinggo, kamu harus lanjutkan kembali perjalananmu menuju Desa Cemoro Lawang yang letaknya dekat Gunung Bromo dengan minibus yang lebih dikenal dengan nama bison harga tiketnya Rp 30.000/orang atau sekitar Rp 450.000/kendaraan.

Penginapan di Bromo
Mulai dari penginapan berbintang hingga wisma bisa kamu temukan di Desa Cemoro Lawang. Untuk harga hotel di Gunung Bromo mulai dari Rp 650.000/malam, sedangkan harga wisma mulai dari Rp 100.000/malam. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu tentunya antara hotel dan menginap di wisma memiliki fasilitas yang berbeda.

Kendaraan Selama di Bromo
Selama di Bromo ada dua pilihan kendaraan yang bisa kamu gunakan. Pertama kamu bisa sewa mobil jeep dan bergabung dengan backpacker lainnya yang biasa dilakukan di sini. Satu mobil jeep mampu menampung 6 orang. Tarif sewanya bervariasi tergantung negosiasi dan lokasi yang ingin dikunjungi selama di Bromo. Untuk melihat matahari terbit dari Pananjakan 1 kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 550.000/jeep. Sedangkan kendaraan lainnya yang bisa kamu sewa adalah ojek motor dengan tarif Rp 125.000/motor menuju Pananjakan 1.

Surabaya – Jakarta
Kalau kamu tidak dapat tiket PP pesawat, kamu bisa naik kereta api dari dari Stasiun Surabaya Pasar Turi menuju Stasiun Pasar Senen Jakarta. Dengan harga tiket kereta kurang lebih Rp 120.000 dan lama perjalanan kurang lebih 10 jam 35 menit yang tentunya lebih hemat dari harga tiket pesawat.

Sumber : nationalgeographic.co.id 
Images : wisatagunungbromo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar