Rabu, 18 Januari 2017

Traveling Seharian Ke Puncak Gak Pake Macet? Intip Itinerary Singkatnya!



Kawasan Puncak menjadi kawasan yang banyak dituju oleh warga Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu liburan. Walaupun terkenal dengan macetnya, kawasan ini tetap menjadi pilihan untuk tempat berlibur karena banyak memiliki objek wisata yang menarik. Tidak perlu khawatir dengan macetnya Puncak, karena dengan trik ini kamu bisa liburan di kawasan sekitar Puncak tanpa terjebak macet. Berikut persiapan dan panduan perjalanan yang bisa kamu ikuti :

1. Tentukan Waktu Keberangkatan Dan Kendaraan Yang Kamu Gunakan
Sesuaikan jarak dari rumah dan waktu keberangkatan menjadi catatan penting yang harus kamu perhatikan jika ingin berlibur ke Puncak. Sebaiknya kamu sudah tiba di pintu keluar tol Ciawi atau Simpang Tiga Gadog, Kecamatan Ciawi, Bogor sebelum pukul 07.30 WIB. Kalau menggunakan kendaraan roda dua kamu bisa berangkat dari jam 6 pagi, sedangkan jika menggunakan kendaraan roda empat kamu bisa jalan lebih awal karena saat musim liburan biasanya akan diberlakukan sistem buka tutup jalur.

2. Nikmati Indahnya Kebun Teh Puncak Pass


Puncak Pass (image : travel.detik)
Saat menaiki jalur puncak dan melewati Masjid Atta'awun, perjalananmu akan sedikit melambat karena adanya penyempitan jalur. Manfaatkan momen ini dengan menepi dan mampir ke kebun teh untuk menikmati pemandangan dan segarnya udara di Puncak hingga pukul 08.30 WIB. Kawasan ini menjadi tempat petama yang bisa kamu kunjungi ya travelers

3. Liburan Ala Venesia di Little Venice


Little Venice (image : indonesia.tripcanvas)
Puas menyusuri area perkebunan teh, kamu bisa lanjutkan perjalanan menuju Little Venice. Setelah melewati Pasar Cipanas kamu bisa ambil kiri jalan menuju kawasan Kota Bunga. Tepat disebelah kiri jalan kamu akan melihat komplek villa besar yang bertuliskan “Kota Bunga Puncak”, langsung saja arahkan kendaraanmu untuk memasuki kawasan tersebut dan ikuti petunjuk arah menuju Little Venice. Dengan tiket masuk sebesar Rp 20.000/orang kamu akan menikmati bangunan unik layaknya Venesia yang ada di Italia. Agar suasana Venesia-nya semakin terasa, kamu bisa coba naik gondola atau perahu yang didayung mengarungi sungai kecil buatan yang membelah dua kompleks bangunan yang mengangkat tema dan arsitektur bergaya Eropa. Selain itu, ada juga kapal Misisipi, perahu bebek, sepeda air, dan wahana lainnya dengan tambahan biaya rata-rata sebesar Rp 20.000 untuk sekali wahana.

4. Bersantai di Taman Bunga Nusantara


Taman Bunga Nusantara (image : pantauanharga.com)
Kamu masih punya waktu untuk mengunjungi wisata berikutnya nih travelers, lanjut arahkan kendaraanmu ke Taman Bunga Nusantara. Lokasinya dapat ditempuh hanya 4 km dari Little Venice yang berada di Jalan Mariwati Kilometer 7 Desa Kawungluwuk, Sukaresmi Cianjur. Di sini kamu bisa bersantai dengan menikmati indahnya beragam bunga yang berasal dari berbagai negara yang mungkin belum pernah kamu temui sebelumnya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati taman bunga dengan beberapa tema seperti Taman Bali, Taman Jepang, Taman Perancis dan Taman Dahlia. Karena luasnya mencapai 23 hektar, kamu bisa menggunakan Dotto Train dan Garden Tram untuk mengelilingi taman ini. Kunjungi juga wahana lainnya seperti Labyrinth, Air Mancur Musikal, Go-Kart, ATV Race, Bumper Boat, dan lainnya.

5. Kulineran di Sate Maranggi Sari Asih Yang Tersohor


Sate Maranggi Sari Asih (image : indonesianholic.com)
Karena terlalu semangat mengelilingi Taman Bunga Nusantara, jangan sampai lupa kalau kamu belum makan siang. Kuliner yang sangat direkomendasikan adalah Sate Maranggi Sari Asih, yang berada di pertigaan Jalan Raya Pacet, Cipendawa, Kabupaten Cianjur. Keluar dari Taman Bunga Nusantara kamu bisa lewat Cibodas atau Pacet dengan waktu sekitar 45 menit. Dua menu pilihan yang wajib kamu coba adalah Sate Maranggi tanpa lemak dan Sate Maranggi yang menggunakan lemak. Menu ini paling cocok disantap dengan nasi atau ketan bakar. Harga Sate Maranggi tanpa lemak sebesar Rp 3.500/per-tusuknya sedangkan Rp 2.500/per-tusuknya jika kamu memilih untuk yang menggunakan lemak.

6. Coba Safari Night Yang Bisa Memacu Adrenalin


Safari Night (images : turiskece.com)
Untuk menutup liburanmu hari ini, kamu masih bisa mengunjungi satu tempat wisata yang berbeda dari sebelumnya yaitu Safari Night yang dimulai pukul 18.30 WIB. Untuk menikmati wisata ini, kamu tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi, melainkan kamu harus menggunakan kereta wisata terbuka yang menggunakan jalur khusus malam hari. Berbeda dengan siang hari, di Safari Night kamu tidak diperbolehkan menggunakan blitz kamera dan memberi makan binatang, selain berbahaya, kegiatan ini juga dapat mengganggu aneka satwa yang ada.  Setelah itu, jangan lewatkan pertunjukkan binatang pukul 22.15 WIB dan keseruan Fire Dance pada pukul 22.45 WIB.

Sumber : travel.kompas.com 
Image : travel detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar