Senin, 09 Januari 2017

Intip Kelezatan Kuliner Indonesia Yang Mendunia



Indonesia memiliki beragam kekayaan mulai dari pariwisata, budaya, hingga kulinernya. Dari keragaman yang ada membuat cita rasa kuliner Indonesia memiliki rasa yang khas ditiap daerahnya. Seperti nasi goreng, gado-gado, sate ayam, rendang, hingga olahan tempe yang mampu bersaing di level Internasional. Mau tau sehebat apa makanan Indonesia di luar negeri? Berikut beberapa sajian makanan dari Indonesia yang mendunia :

1. Nasi Goreng, Primadona Dalam Ajang World Expo Shanghai Cina 2010
Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng, makanan yang menjadi ikon Indonesia ini makin terkenal setelah Presiden Barack Obama menyebutkan namanya beberapa kali dan mengakui kelezatan makanan yang satu ini. Selain itu, pada World Expo Shanghai Cina 2010 nasi goreng menjadi ajang perlombaan masak bertaraf Internasional dan makin dikenal oleh dunia. Acara ini mendapat respon positif dari pengunjung pameran di berbagai negara. Dalam sehari, nasi goreng yang disajikan dengan telur dadar dan sate ayam terjual sebanyak 700 porsi.

2. Gado-gado, Sajian Berestetika Dalam Perlombaan Memasak di Napoli
Makanan khas selanjutnya adalah gado-gado yang berasal dari Jawa. Makanan yang terbuat dari sayuran yang direbus, dengan tambahan tempe dan tahu goreng yang dipotong-potong. Makanan ini memiliki bumbu khas yaitu kacang tanah yang dihaluskan. Untuk pelengkapnya tidak lupa ditambah irisan telur rebus dan bawang goreng diatasnya. Bisa dibilang gado-gado adalah saladnya orang Indonesia. Pada tahun 2010, Napoli mengadakan lomba memasak Internasional dan di ajang ini gado gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika. Terbukti kan kalau gado-gado bukan sembarang makanan.

3. Soto Ayam, Menu Langganan Dalam Festival di Jepang
Bukan hanya rasanya saja yang enak, soto juga memiliki tampilan yang menarik. Salah satu makanan khas Indonesia ini sangat cocok disantap saat musim hujan. Udara yang dingin dengan kuah soto yang hangat adalah perpaduan yang pas untuk disantap. Ternyata, soto ayam sudah menjadi menu langganan dalam festival di Jepang yang diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang bergabung dalam PPIJ-Komsat Ibaraki. Lagi-lagi makanan khas Indonesia dapat diterima dengan baik di negara lain.

4. Sate Ayam, Ludes Dalam Festival Internasional di Amerika
Menu selanjutnya adalah sate ayam yaitu kuliner dengan menyajikan potongan ayam yang ditusuk kemudian dibakar dan berasal dari Madura. Selain diminati oleh masyarakat Indonesia, sate ayam mampu menarik para pecinta kuliner dalam bazar Internasional yang diselenggarakan di China pada tahun 2013 hingga habis terjual. Tidak hanya itu saja, restoran masakan Indonesia yang bernama Satay Junction mampu bersaing di tengah restoran termahal di New York. Restoran ini selalu dipadati oleh warga Amerika yang mencintai makanan khas Indonesia dan pengunjungnya pun terus bertambah.

5. Rendang, Top of 50 Most Delicious Foods
Salah satu makanan khas minang ini memiliki cita rasa pedas dengan campuran bumbu dan rempah yang khas. Proses memasak yang cukup panjang, akan terbayar saat kamu mencicipi hidangan ini. Rendang mendapat posisi paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN Internasional pada tahun 2011 lalu. Bahkan, menu yang satu ini menjadi menu favorit di sebuah hotel di Jerman dalam rangka festival kuliner Indonesia yang diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia - Jerman.

6. Tempe, Menu Favorit di Jepang Dan Korea
Tidak hanya warga Indonesia saja yang gemar makan tempe. Jakarta Kuliner Festival pada 2012 lalu menjadi ajang tempat berkumpulnya koki dari mancanegara. Eduard Quad adalah salah satu juru masak asal Korea yang datang dan menjadikan tempe sebagai makanan idolanya. Selain itu, warga asli Indonesia yang bernama Rustomo menjadi seorang pebisnis tempe yang sukses di Jepang. Olahan tempe yang dibuatnya berhasil memikat warga Jepang dan mengahasilkan keuntungan.

7. Sop Buntut, Menu yang Memikat Hati Warga Spanyol
Dalam acara yang diselenggarakan oleh kedutaan besar Republik Indonesia di Madrid Spanyol untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia, sop buntut dipercaya bisa memikat hati para pecinta kuliner di Spanyol. Chef handal asal di Indonesia menyajikan sop buntut untuk hidangan yang akan diperkenalkan. Ternyata acara ini mendapat respon yang positif, kurang lebih 300 porsi habis dinikmati warga Spanyol dan jatuh hati pada masakan ini.

Sumber : asliindonesia.net
Image : exciteindonesia.wordpress 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar